logo newms Lhoksukon 1

Written by Super User on . Hits: 67

MEDIASI BERHASIL, PASUTRI RUJUK KEMBALI

2903 Mediasi Berhasil2

Beberapa tahun terakhir ini sejak dicanangkan PERMA No.1 Tahun 2008 Jo. PERMA No.1 Tahun 2016 Majelis Hakim yang bersidang di Mahkamah Syar’iyah Lhoksukon telah menangani beberapa perkara yang dapat diselesaikan dengan damai. khususnya untuk Majelis C.2 dengan Ketua Majelis Adeka Candra,Lc., maka sudah banyak perkara yang berhasil didamaikan oleh Majelis Hakim dalam persidangan dengan berakhir dengan kembali rukun damai serta mencabut perkaranya,

pada hari ini (red) senin tanggal 29 Maret 2021 untuk kesekian kalinya majelis berhasil mendamaikan dalam persidangan sebagai wujud implementasi /Pasal 130 HIR dan 154 RBg sebagaimana diketahui mengatur tentang lembaga perdamaian dan mewajibkan hakim untuk terlebih dahulu mendamaikan para pihak yang berperkara sebelum perkaranya diperiksa.

Bapak Adeka Candra Lc. diwaktu dijumpai tim redaksi menyatakan "Hakim wajib terlebih dahulu mendamaikan para pihak yang berperkara sebelum perkaranya diperiksa, peran Ketua Majelis menjadi sangat strategis dalam memberikan motivasi kepada kedua belah pihak."

Lanjut Tambahan dari Ketua Majelis "bahwa perkara sudah melewati proses mediasi dengan Hakim Mediator yang ditunjuk, namun dinyatakan tidak berhasil dan pada sidang berikutnya ternyata oleh Majelis Hakim berhasil didamaikan melalui penasihatan yang cukup intens. dan Penggugat/Pemohon menyatakan mencabut gugatan/permohonannya"

Diantara poin-poin nasehat ketua majelis yang berhasil dirangkum oleh tim redaksi adalah :

  1. Masing-masing pihak harus memahami betul kewajiban masing-masing
  2. Memahami betul bahwa pernikahan merupakan ibadah sepanjang hayat, segala hal dalam hubungan rumah tangga suami istri mulai bangun tidur sampai tidur lagi, mulai dari hal terkecil seperti memotong kuku suami, menyisir rambut istri bahkan tetesan keringat suami mencari nafkah serta kesabaran istri menunggu dirumah semua bernilai ibadah disisi Allah SWT.
  3. ketua majelis menekankan kepada masing-masing pihak bahwa sekarang sudah masuk bulan Sy’ban, yang merupakan moment terbaik untuk merenungi, memuhasabah diri untuk mengejar maghfirah Allah serta kesucian jiwa menyambut ramdhan bersama keluarga
  4. ketua majelis menyampaikan bahwa diusia pernikahan yang masih relatip muda, memang hal yang harus menjadi catatan kedepan adalah ego masing-masing pihak, karena dalam biduk rumah tangga haruslah selaras agar perjalanan menuju sakinah mawaddah warahmah bisa tercapai dengan cara saling bersabar, menerima dan mencintai kekurangan masing-masing, serta mambangun komunikasi yang baiki antar pasangan, dengan demikian insh Allah rumah tangga akan selamat sampai tujuan yaitu sakinah mwaddah warahmah.
    Dengan demikian peran Hakim Mediator dan Hakim Pemeriksa Perkara dalam menangani perkara tersebut begitu penting untuk memberikan pencerahan bagi para pihak yang terbelit masalah rumah tangga mereka yang cukup rumit dan diambang kehancuran yakni dengan setiap kali persidangan selalu memberikan nasihat, saran dan pendapat yang sekiranya memberikan secercah harapan bagi masalah/kasus yang mereka hadapi demi keutuhan rumah tangga mereka ataupun harapan yang mereka inginkan berupa Surat Kesepakatan Perdamaian yang terintegrasi dalam putusan Pengadilan Agama.

Kali ini perkara 187/Pdt.G/2021/Ms.Lsk berhasil dengan damai serta permohonan pencabutan perkaranya pada hari ini;

Jayalah Peradilan Agama, Agunglah Mahkamah Agung 

Add comment


Security code
Refresh

Hubungi Kami

Jl. Medan Banda Aceh Gampong Alue Mudem KM 304 Kecamatan Kuta Lhoksukon Kabupaten Aceh Utara Provinsi Aceh 24382

Telp: 0645-8454000 
Fax:  0645-8454007

Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

beranda  Lokasi Kantor

 

Info Perkara MS

Mahkamah Syar'iyah Aceh

Alamat Mahkamah Syar'iyah Se Provinsi Aceh

 

Mahkamah Syar'iyah Lhoksukon@2019